Sukabumi, Senin 16 November 2020, Wisuda kelulusan yang telah ditunggu - tunggu oleh kelas 3 Aliyah angkatan ke – 12 akhirnya terselenggara. terdapat beberapa perbedaan susunan acara yang tidak seperti biasanya. Kesedihan yang dirasakan oleh kelas 3 Aliyah pada saat wisuda.

                Setelah melalui masa belajar kurang lebih dari 10 tahun, kelas ini pun mendapatkan momen yang telah ditunggu – tunggu oleh mereka, total santri di angkatan ini mencapai 17 santri yang diketuai oleh As – Sayyid Hamid Bin Lutfi Asseggaf  .

                Jika merujuk pada jadwal, perhelatan wisuda seharusnya dilaksanakan pada 20 Sya’ban 1441 H namun acara itu pun batal dikarenakan pandemi yang mulai menyebar di negeri ini. Acara pun baru bisa terlaksana pada tanggal 01 Robi’ul Stani 1442 H dengan mengikuti protocol kesehatan dan hanya dikhususkan untuk kalangan internal. Terdapat perbedaan acara yang tidak terlalu berbeda pada tahun – tahun sebelumnya seperti tata cara Ilbas ( memakaikan Imamah, Jubbah dan Rida ).

                Pada wisuda tahun ini terdapat kesedihan yang dialami oleh para wisudawan dan para santri, dimana biasanya Abuya As – Sayyid Ahmad Naufal Al – Kaff yang memimpin Ilbas untuk wisudawan, akan tetapi pada saat ini digantikan kepada Al – Ustadz Muhammad Ridho Asseggaf untuk memakaikan Jubbah dan As – Sayyid Abdul Kadir Al – Kaff untuk memakaikan rida.

                Semoga apa yang telah dilalui oleh Ankatan ke - 12 Tahun ini bisa menjadi pelajaran dan mengabil poin – poin penting didalamnya, semoga Allah Swt menjaga PonPes Darul Habib dan para santri serta memberikan petunjuk ke jalan yang benar terlebih khusus kepada kelas 3 Aliyah Tahun ini Amin.