Nama beliau Usamah Sayyid Mahmud Muhammad al-Azhari, lahir di kota Iskandariyah (Alexandria) pada hari Jum`at 18 Rajab 1396 H, yang bertepatan dengan tanggal 16 Juli 1976 M. Saat kecil ia berpindah bersama seluruh keluarganya ke kampung halaman ayahnya di daerah Suhaj yang dikenal memiliki kebudayaan yang khas, yang memiliki banyak penghafal Al-Quran dan
memiliki iklim intelektual yang baik. Di daerah itu juga banyak terdapat institusi dan majlis ilmu, dan masyarakatnya pun memiliki kecintaan dan penghormatan yang sangat besar terhadap para ulama dan pecinta ilmu. Di daerah itulah beliau dibesarkan oleh orang tuanya.

Kedua orang tuanya membimbingnya untuk menghafalkan al-Quran, mengarahkannya untuk ikut ke dalam majlis-majlis ilmu dari para ulama Azhar, dan mengajarinya untuk gemar membaca dan menelaah buku-buku. Beliau pun diajarkan untuk cinta kepada ilmu dan para ulama, diajarkan pula tentang biografi dan sejarah mereka. Ia pun dicegah dari menghabiskan waktunya untuk bermain dan bercanda sebagaimana anak-anak seusianya. Orang tuanya pun sering mengajaknya bepergian ke berbagai daerah untuk mengikuti majlis ilmu dan bertemu dengan para cendekiawan yang berbeda-beda. Tak lupa kedua orang tuanya selalu mendoakannya agar Allah memberikan anugerah kepadanya berupa ilmu yang bermanfaat. Semoga Allah melindungi dan merahmati guru kita, Syeikh Usamah Sayyid al-Azhari, beserta kedua orang tuanya dan seluruh keluarganya.

Di antara karya Syaikh Usamah yang luar biasa adalah kitab beliau yang berjudul Al-Haqqul Mub?n f? Raddi ‘al? man Tal?’aba bid-D?n yang berisi kritikan beliau sebagai seorang Azhari terhadab Sayyid Qutb. Semoga Allah memanjangkan umur Syaikh dan memberikan kita kesempatan untuk menimba ilmu, bertalaqqi, dan menyambungkan sanad dengan beliau.