Tarim (27/08) — Universitas al-Ahgaff menggelar acara wisuda kelulusan jurusan fakultas Syari'ah dan Hukum. Sebanyak tujuh puluh satu mahasiswa dari berbagai negara berhasil di wisuda. Sekitar 52 wisudawan asal Indonesia dari berbagai daerah, enam diantaranya dari pondok pesantren Daarul Habib asuhan Al-Habib Ahmad Naufal Al-Kaff. Mereka adalah: Hasan Umar Assegaff (Palembang), Husein Umar Assegaff (Palembang), Hasan Muhammad Ba'bud (Palembang), Ahmad bin Yahya (Cirebon), Ihsan Ali Basyuaib (Palembang) dan Pandi Ahmad (Bandung).
 
Istimewanya, Sayyid Husein Umar Assegaff, satu diantara mereka berenam, mendapatkan predikat cum laude dengan IPK 4,61. Hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi beliau, keluarga besar ponpes Darul Habib Hadramaut, dan terlebih bagi Abuya Ahmad Naufal Alkaff yang telah mendidik mereka selama kurang lebih 10 tahun.
 
Turut hadir dalam acara ini rektor universitas Prof. Al-Habib Abdullah Baharun, begitu juga ustadz Abdullah Awad bin Smith, dekan fakultas syari'ah, serta para staf pengajar dan tetamu undangan juga ikut meramaikan acara pada malam ini.
 
Setelah kalimat sambutan dan ucapan rasa syukur dari ustadz Abdullah Awad bin Smith beliau memberikan selamat atas keberhasilan mereka dalam menempuh perjalanan lima tahun di Universitas ini, di lanjutkan oleh kalimat sambutan dan pesan dari sang rektor.
 
"Kalian sebagai cermin dari Nabi Muhammad SAW, yang mengemban ilmu Rasul SAW. jangan kalian jual agama kalian demi hal-hal yang tidak ada harganya. Ingatlah bahwa fitnah terbesar pada saat ini adalah muslihat perpolitikan (siyasah) jangan sampai kalian terpecah gara-gara sebuah politik. Kalian, sebagai pembawa ilmu Nabi harus bisa mengumpulkan dan mengajak umat ke jalan yang telah di ajarkan Baginda Nabi Muhammad SAW". Ujar al-Habib Abdullah Baharun.
 
Tepat pukul 10 malam acara ini selesai dan dilanjut dengan makan malam bersama. Begitu pula sesi foto adalah suatu yang sangat di tunggu. Di penghujung acara, penulis berkesempatan mewawancarai sang peraih cumlaude dan meminta pesan-pesan untuk adik adik kelas di Ponpes Daarul Habib yang akan meneruskan belajarnya di Universitas al-Ahgaff ini.
 
"Selalu tanamkan niat yang baik, semua ini adalah berkah Abuya Naufal yang telah mendidik kita selama di Darul Habib. Dan, jangan lupa untuk terus Istiqomah dalam belajar jangan pernah lengah bagaimanapun keadaannya". Ujar Sayyid Husein Assegaf.